Satgasmar Pam Ambalat XXIX Kawal Siswa SMPIT AI-Huda Sebatik Ekspedisi Patok Perbatasan

TNI AL, Dispen Kormar (Nunukan) PW : Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-78, Prajurit Pasmar 2 yang tergabung dalam Satgasmar Pam Ambalat XXIX TH. 2023 mengawal siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Al-Huda Sebatik melaksanakan ekspedisi patok perbatasan antara Indonesia – Malaysia di wilayah Sebatik, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara. Senin (23/10/2023).

Ekspedisi patok perbatasan merupakan program tahunan yang dilaksanakan Satgasmar Pam Ambalat XXIX bersama SMPIT AL-HUDA Sebatik yang juga bekerja sama dengan Satgas Pamtas Yon Arhanudse 8/MBC, Tim Kopaska dan Pos Angkatan Lau wilayah Sebatik.

Ekspedisi yang dilakukan selama 2 (dua) hari tersebut dilakukan dimulai dari patok 0 atau lebih dikenal dengan sebutan patok timur yang berada disisi paling timur perairan pulau Sebatik dengan menggunakan Sea Rider milik Tim Kopaska, selanjutnya ekspedisi dilanjutkan berjalan kaki dari patok 1 menuju patok 9 dengan menempuh jarak sejauh 15 Km dengan medan perbukitan, kemudian dilanjutkan menuju patok 10 hingga patok 16 yang berada di desa Bambangan mengunakan kendaraan truk Marinir.

Pada kesempatan tersebut Komandan Satgasmar Pam Ambalat XXIX Lettu Marinir Presly Brisky Musak, S.T.Han mejelaskan bahwa program ekspedi patok tersebut merupakan metode pembinaan teritorial (Binter) yang bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme serta mengenalkan batas-batas wilayah Republik Indonesia dengan Malaysia terhadap generasi muda yang berada di perbatasan dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional.

Diakhir kegiatan ekspedisi, Satgasmar Pam Ambalat XXIX memberikan cpndera mata kepada siswa – siswi SMPIT AL-HUDA yang melakukan ekspedisi berupa tas dan kaos merah putih bermotif NKRI sebagai wujud apresiasi atas kepedulian generasi muda terhadap wilayah perbatasan.

Related posts